MUI Pekanbaru Tolak Konser Ungu

Pekanbaru - Rencana konser musik Ungu di areal masjid Agung An Nur di Pekanbaru dikecam keras. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pekabaru meminta pihak yang penyelenggara membatalkan acara tersebut.

“Astafirloh halazim, rumah Allah kok dijadikan tempat hiburan. Ini baru kali pertama terjadi di Riau, ada konser musik di areal masjid. Kalau masjid Agung yang notabene ikon masjid terbesar di Riau sudah dijadikan tempat konser, maka nanti seluruh masjid dan musollah di Riau ini akan diadakan tempat hiburan. Naujubillah minzalik,” kata Ketua Fatwa MUI Pekanbaru, H Akbar Kamis (12/9/2008) di Pekanbaru.

Komentar ini sehubungan dengan rencana konser grup band Ungu pada 12 dan 13 September mendatang. Pelaksanaan konser musik ini dilaksanakan di halaman masjid Agung An-Nur, masjid terbesar di Provinsi Riau.

Konser musik Ungu dinilai MUI Pekanbaru, sangat tidak pantas dilaksanakan di halaman masjid. Apa lagi saat ini merupakan bulan ramadan dimana umat islam diminta untuk memperbanyak ibadah. Tidak ada ajaran Islam yang menyebutkan selama bulan puasa untuk terlena dengan musik.

“Bulan puasa itu, umat islam diminta memperbanyak ibadah, beritikaf di masjid, tadarus. Kira-kira pantas apa tidak, di halaman masjid ada musik yang keras, satu sisi di dalam masjid ada yang lagi bertadarus? Allah SWT menyuruh umat Islam di bulan puasa ini untuk meningkatkan ibadahnya, bukan malah mau nonton koser,” kata Akbar.

Masih menurut Akbar, pihaknya juga akan menggelar rapat untuk mengambil sikap tegas atas pelakansanaan konser musik di halaman masjid Agung tersebut. Pihaknya juga sangat menyayangkan pihak pengurus masjid Agung yang telah memberikan izin.

“Kita juga heran, mengapa pengurus masjid Agung kok mengizinkan acara tersebut. Kita menilai, acara konser musik ini sudah menodai fungsi masjid itu sendiri. Tidak ada satu ajaran dalam islam untuk menambah keimanan selama bulan ramadan dianjurkan untuk menonton konser musik,” kata Akbar.

“Dimata sebagian ulama soal musik ini terbagi dua. Yang satu ulama menyebut musik dan apapun jenis musiknya itu haram. Karena musik membawa umat untuk terlena.Kami meminta siapapun pihak yang terlibat dalam konser musik Ungu untuk segara dibatalkan,” tambah Akbar.

No comments: